TENTANG UNBK CBT

PENGERTIAN VDI,VMDK,VHD,HDD,QED,dan QCOW

a.    VDI (Virtual Disk Image
 VDI adalah Virtual Format driveyang digunakan oleh Oracle VM VirtualBox, program virtualisasi desktop open-source, dapat dipasang sebagai harddisk pada Mac, Windows, dan platform Unix, memungkinkan pengguna untuk menjalankan program yang ditulis untuk sistem operasi yang berbeda dalam lingkungan virtual kecepatan tinggi.
b.    VMDK (Virtual Machine Disk)VMDK adalah Virtual disk yang menyimpan isi dari mesin virtual hard disk VMware, dapat diakses sebagai harddisk fisik dengan software VMware, biasanya bernama “[vmname] vdmk;.” Mungkin diatur pada ukuran yang tetap atau dikonfigurasi untuk tumbuh dari waktu ke waktu menggunakan Virtual Disk Manager VMware.  c.    VHD (Virtual Hard DiskVHD merupakan file gambar Harddisk yang digunakan oleh Microsoft Windows Virtual PC, menyimpan data dalam file tunggal yang bertindak sebagai harddisk individu.VHD dapat digunakan untuk menginstal beberapa sistem operasi pada satu komputer, program perangkat lunak uji coba, atau menjalankan aplikasi yang lebih tua.d.   HDD (Parallels Hard DiskHDD adalah harddisk virtual yang dibuat oleh perangkat lunak Virtualisasi Parallels Desktop, menyimpan data untuk hard drive mesin virtual. HDD digunakan untuk memuat file VM ketika VM dimulai. File HDD disimpan dalam PVM file mesin virtual.  e.    QED (QEMU Enchanced DiskQED adalah format baru QEMU diskyang masih dalam developement sangat awal disebut QED yang merupakan singkatan dari QEMU format disk. RFC untuk format disk baru ini pertama kali diterbitkan September 2010 pada QEMUmailing list. Meskipun Anda bisa berpendapat bahwa ada format QEMUdisk yang cukup, QED mencoba untuk menghindari beberapa perangkap desain QCOW2 dan dapat dianggap sebagai generasi berikutnya format QEMU disk.
f.     QCOW (QEMU Copy On Write)QCOW adalah format file untuk file image disk yang digunakan oleh QEMU. QCOW adalah singkatan dari “QEMU Copy On Write” dan menggunakan strategi optimasi storage disk yang menunda alokasi penyimpanan sampai benar-benar dibutuhkan. File dalam format QCOW dapat berisi berbagai image disk yang umumnya terkait dengan sistem operasi tambahan tertentu. Dua versi dari format yang ada yaitu QCOW dan QCOW2

UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer)Merupakan bentuk Ujian Nasional yang menggunakan komputer sebagai media siswa mengerjakan soal-soal UN.
EXAMBROWSERADMINAdalah aplikasi all-in-one yang dikembangkan oleh Puspendik sehingga tidak perlu menjalankan Starter terpisah.
CBT SYNC (web based )Merupakan aplikasi buatan Pupsendik yang mengatur jalannya UNBK.
PROKTORAdalah orang yang bertugas mengoperasikan server dan applikasi CBT SYNC di dalam ruang ujian. Untuk UN 2018, masih ditempatkan 1 Proktor per ruang ujian.
TEKNISIAdalah rekan Proktor yang mengatur dan memastikan infrastruktur berjalan baik.
CBT CLIENTMerupakan aplikasi buatan Kemdikbud yang digunakan oleh peserta UNBK, diinstall di tiap Klien.
KLIENMerupakan sebutan bagi komputer yang digunakan peserta UNBK.
SYNCHRONProses pengunduhan soal dan berkas administrasi UNBK. Dilakukan sebelum UNBK berlangsung, biasanya H-1.
VHD (Virtual Hard Disk)Adaalah file berisi image komputer yang memuat OS dan file aplikasi server UNBK. File ini tidak bisa dibuka langsung. File digunakan oleh software Oracle Virtual Machine.
VM (Virtual Machine)Adalah software yang digunakan untuk menciptakan lingkungan buatan didalam server lokal kita sehingg seakan kita menjalankan sebuah server tanpa benar-benar memiliki sebuah mesin server. Gunakan installer yang disediakan oleh Puspendik dalam unduhan Prerequisites. Jangan menggunakan versi terbaru dari website Oracle.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *